Teknologi

Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Kehidupan Masyarakat

Sejak Internet dibuka untuk umum pada awal 1990-an, tidak hanya individu, tetapi juga perusahaan, semakin bergantung pada email untuk berkomunikasi. Email itu sendiri telah berevolusi. Email push, yang dikembangkan oleh Research in Motion (RIM) melalui produk BlackBerry-nya, memungkinkan kami untuk menerima dan mengirim email melalui ponsel dengan cepat. Sebelumnya kita membahas game terbaik yaitu poker online sekarang kita membahas mengenai perkembangan internet. Teleconference tidak lagi aneh di perusahaan multinasional. Orang-orang di tempat yang tersebar secara rutin melaporkan kegiatan mereka melalui fasilitas ini. Di perusahaan yang lebih maju, pertemuan rutin seperti ini tidak hanya menemukan penggunaan audio, tetapi juga video. Konferensi video memungkinkan peserta untuk melihat ekspresi wajah masing-masing. Pergi sebagai konferensi video, karena melalui komunikasi non-verbal, seperti ekspresi wajah dan gerakan tubuh, mereka dapat segera mengetahui bawahannya yang hadir tanpa persiapan yang memadai.

Tahun ini, Cisco Systems memperkenalkan Telepresence, sistem lengkap yang mengandalkan layar besar. Standar resolusi definisi tinggi yang digunakan dapat mencapai 1080p. Begitu realistis sehingga bahkan orang virtual pun merasa seperti mereka hadir secara fisik di ruang rapat. Ya, kami tidak dapat dipisahkan dari ponsel kami. Ini berarti bahwa kami selalu tersedia melalui suara, teks (SMS), video (SMS) dan email. Pengguna layanan 3G bahkan dapat melakukan panggilan pribadi selama mereka memiliki kamera depan di ponsel mereka.

Tetapi bagaimana dengan mengirim faks? Sudahkah faks dikembalikan? Ternyata belum. Kemudian Unified Communications datang. Semua media komunikasi mulai dari suara, teks, faks, dll. Disimpan dalam kotak surat masuk, terlepas dari mana asalnya dan dari siapa. Hebatnya, jika kita berada di tempat lain, kita dapat memanggil nomor khusus di kantor kita dan membuat semua pesan dibaca oleh sistem menggunakan synthesizer ucapan. Kami juga dapat menanggapi pesan dengan suara kami, yang dikonversi menjadi teks melalui pengenalan ucapan. Kami hanya perlu telepon biasa.

Microsoft juga telah memasuki dunia komunikasi dengan produk Unified Communications-nya. Saingannya kali ini tentu saja perusahaan yang telah terlibat dalam komunikasi untuk waktu yang lama, seperti Cisco. Lalu ada fungsi keberadaan, alat yang dapat melacak keberadaan seseorang dari waktu ke waktu. Misalnya, kehadiran dapat melihat apakah dia online, menghadiri rapat, dan karena itu SMS adalah pilihan terbaik untuk menghubunginya. Dalam lingkungan bisnis, komunikasi diperlukan untuk berkolaborasi – berkolaborasi dalam suatu proyek. Masalah terbesar yang sering muncul dalam kolaborasi adalah bahwa kami menggunakan file yang kedaluwarsa secara tidak sengaja. Setiap kali audit didistribusikan, kami mengunduh dan menyimpannya di hard disk tanpa menghapus file yang ada. Kemudian kami mengerjakan file dalam versi yang benar-benar ditinggalkan, tanpa menyadarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *