Bisnis

Tips Untuk Investasi Selagi Muda

investasi-selagi-muda

Menurut segelintir orang, investasi itu hanya untuk orang yang memilikinuang banyak atau berlebih sehingga tidak terpikir digunakan untuk apa. Jika pemikiran anda selalu seperti itu maka jika sekarang hidup anda serba kecukupan atau pas pasan, maka anda akan mencari uang terlebih dahulu yang banyak dan jika sudah terkumpul banyak baru akan memulai investasi. Padahal investasi selagi muda merupakan sesuatu yang bisa sangat berguna bagi anda di masa depan. Bukan merupakan sesuatu hal yang baru anda lakukan di masa depan. Betul memang jika tabungan bisa menyelamatkan anda bisa terjadi kebutuhan yang mendadak di masa depan. Tabungan juga bisa berbunga. Tetapi di Indonesia memiliki pertumbuhan inflasi yang cukup tinggi. Jika anda mneabung di suatu bank dengan suku bunga 3% sementara misalnya pada saat itu inflasi mencapai 5% maka ini berrati jika anda mengalami kerugian seberar 2%. Karena hal inilah banyak orang yang beralih pada investasi yang akan menawarkan keuntungan untuk mengatasi inflasi. Dari pada anda memiliki uang yang hanya mengendap lebih baik anda gunakan untu berinvestasi agar anda juga mendapatkan keuntungan. Dibawah ini ada ebebrapa tips untuk investor pemula khususnya yang berusia muda.

  1. Usia yang muda dan belum banyak memiliki tanggungan justru merupakan saat yang sangat tepat untuk memulai menjadi investor. Seringnya anda pasti merasa bahwa usia yang masih muda belum saatnya untuk dapat berinvestasi ini dan itu. Gaji yang dimiliki saja belum seberapa, untuk memenuhi kebutuhan makan sehari hari dan bersenang senang sedikit saja sudah habis tidak bersisa.pendapatan yang dipergunakan seperti ini sudah jelas salah besar. Jika anda sudah berkeluarga nantinya kebutuhan yang harus terpenuhi malah akan semakin banyak. Jika memang pendapatan yang didapat akan lebih besar tetapi kebutuhan juga akn semakin banyak atau membengkak. Jadi selagi masih muda sebaiknya anda harus memulai investasi selagi muda sebelum ada tanggungan yang lebih banyak lagi.
  2. Perhatikan tujuan dari investasi yang dilakukan dalam jangka panjang atu pendek? Akan digunakan untuk dana pensiun atau dana pernikahan? Tujuan dari orang ebrinvestasi harus sudah jelas sejak awal. Biasanya investasi memang digunakan untuk jangka yang panjang. Tetapi tidak emnutup kemungkinan juga jika digunakan untuk jangka yang pendek. Misalnya saja untuk biaya atau dana pernikahan 3-5 tahun ke depan. Bentuk dari investasi anda akan sangat penting untuk diperhatikan. Jika tujuan anda adalah investasi jangka panjang maka anda harus fokus ke sana. Jangan mudah untuk tergoda untuk berhenti di tengah perjalanan ketika kondisi anda sedang goyah. Maka dari itu sebaiknya mulailah investasi selagi muda.
  3. Pisahkan antara tabungan dengan investasi, jangans sampai menggunakan uang yang akan segera anda butuhkan minimal untuk 1 tahun ke depan. Meski dibilang sangat mirip, tetapi investasi sangat berbeda dengan tabungan. Uang anda yang disimpan di dalam bank dalam bentuk tabungan itu tidak akan menghasilkan apa apa selain nominal yang anda setorkan pada saat awal. Atau mungkin hanya ditambah dengan sedikit bunga. Sementara investasi dapat memberikan keuntungan yang cukup tinggi dengan syarat anda harus bersabar dengan segala naik turunnya. Karena investasi biasanya dalam jangka yang panjang, jangan menggunakan uang yang mungkin akan segera anda butuhkan. Itulah beberapa tips untuk anda memulai investasi selagi muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *