Taman Botani Sukorambi Jember, Destinasi Wisata Bagi Pecinta Alam Pedesaan

blogspot.com

Sumber: blogspot.com

Pernah mendengar sebuah lagu lawas beraliran country milik John Denver yang berjudul Take Me Home, Country Roads? Lagu tersebut menggambarkan rasa rindu amat dalam terhadap kampung halaman yang suasana alamnya masih sangat terasa. Life is old there, older than the trees, younger than the mountains, blowing like a breeze, begitu sebaris liriknya yang mendeskripsikan pepohonan rindang dengan desau sejuk angin daerah dataran tinggi. Mendengarkan lagu ini membuat saya teringat sebuah destinasi wisata Jember, yaitu Taman Botani Sukorambi yang terletak di Jalan Mujahir, Sukorambi. Sebuah tempat yang menurut saya sangat cocok bagi mereka yang merindukan suasana alam pedesaan dimana air masih mengalir dengan sangat deras, burung-burung berkicauan dan saling berkejaran, pohon-pohon menjulang dengan gagah melindungi dari sinar matahari yang terik namun sama sekali tidak menyengat.

Taman Botani Sukorambi terbentuk karena gagasan Bapak Hj. Abd. Kahar Mujahir yang menginginkan adanya sebuah tempat bagi warga Jember untuk berekreasi menikmati alam sekaligus belajar tentang lingkungan. Karena gagasan beliau lah, Taman Botani Sukorambi saat ini menjadi destinasi wisata Jember yang banyak dinikmati tidak hanya warga lokal saja, namun juga masyarakat luar kabupaten Jember.

Seperti yang sudah saya singgung dalam paragraf sebelumnya, daya tarik utama Taman Botani Sukorambi ialah suasana alam pedesaannya yang masih sangat kental, membuat para pengunjungnya dapat merasakan kenyamanan dan ketenangan. Namun bukan hanya itu saja, masih ada banyak lagi alasan mengapa Taman Botani Sukorambi ini patut dikunjungi. Apa saja? Saya akan rinci satu per satu alasannya!

  1. Kolam Renang yang Berasal dari Sumber Mata Air Asli

Di tengah maraknya lokasi wisata yang berlomba-lomba mengajukan sisi modernitas, Taman Botani Sukorambi justru menunjukkan bahwa alam masih merupakan sumber daya terbaik. Kolam renangnya terbagi menjadi 4 jenis, diperuntukkan bagi dewasa, remaja, anak-anak, dan balita. Dengan mata air asli yang dialirkan langsung dari sumbernya menuju kolam, kedalaman dan desain tiap kolam pun berbeda-beda sesuai dengan usia. Untuk kolam dewasa, kedalamannya sekitar 160-175 cm, dengan bentuk kolam berlekuk-lekuk dan ornamen bebatuan yang memberikan kesan anggun dan tenang. Kolam remaja memiliki kedalaman sekitar 80 cm dan terdapat air terjun di bagian pinggirannya, sangat segar dan cocok untuk para remaja. Kolam anak-anak terlihat lucu dengan bentuk tidak simetris dan kedalamannya sekitar 50-60 cm. Kolam renang balita memiliki ciri khas warna pelangi, membuat kesan semarak dan ceria, dengan kedalaman sekitar 20-80 cm. Sangat menggoda untuk berendam dan menyegarkan badan, bukan?

Kolam Renang yang Berasal dari Sumber Mata Air Asli

Sumber: dokumentasi BEM FK UNEJ

  1. Aneka Flora dan Fauna Sebagai Sarana Pembelajaran

Apalagi yang lebih menyenangkan daripada rekreasi? Yup! Rekreasi sambil menambah pengetahuan. Selain memberikan village vibe dengan koleksi flora yang lengkap dari kebun buah, kebun herbal sampai taman bunga dan juga fauna dari unggas sampai mamalia, Taman Botani Sukorambi sangat cocok untuk memperluas wawasan. Ada sekitar 500 spesies flora dan fauna yang menjadi koleksi Taman Botani Sukorambi. Untuk fauna sendiri, terdapat hewan hias seperti landak, marmut, kelinci, dan lain-lain. Ada pula hewan yang tergolong langka seperti kijang, rusa, dan burung merak. Para pengunjung tidak hanya dapat sekedar melihat koleksi flora dan fauna tersebut, namun juga mendapat informasi cara memelihara dan merawatnya. Benar-benar ecology-centered! Berniat untuk mengunjungi?

Sumber: tamanbotanisukorambi.com

Sumber: tamanbotanisukorambi.com

  1. Wahana Outbond dan Permainan yang Menyenangkan

Zaman sekarang, alat transportasi sudah sangat mengikuti perkembangan zaman. Ada motor, bahkan mobil. Bosan menggunakan alat transportasi yang itu-itu saja—yang bahkan menimbulkan polusi? Taman Botani Sukorambi menyediakan kuda yang dapat ditunggangi dengan harga relatif sangat murah. Kuda tersebut dapat diajak mengelilingi Taman Botani Sukorambi sembari melihat wahana lain, ditemani oleh seorang pawang kuda tentunya, agar keamanan tetap terjamin.

Selain itu, permainan lain seperti flying fox disediakan untuk pengunjung yang menyukai tantangan pemicu adrenalin. Untuk pengunjung pecinta air, tenang saja, ada danau buatan dengan pulau kecil ditengahnya yang dapat dikelilingi dengan mendayung perahu. Lokasi outbond yang luas sangat cocok untuk pengunjung yang datang secara berkelompok dan ingin melakukan permainan bersama-sama. Peralatan yang dibutuhkan pun disiapkan oleh pihak pengelola Taman Botani Sukorambi. Bagaimana? Tertarik?

Sumber: dokumentasi BEM FK UNEJ

Sumber: dokumentasi BEM FK UNEJ

  1. Rumah Pohon dan Pondok Baca untuk Relaksasi

Biasanya setelah berkeliling menikmati flora dan fauna, bermain air dan outbond, terasa lebih menyenangkan untuk merelaksasikan badan sejenak. Ada rumah pohon setinggi 5 meter dan lebar 2 x 2 meter yang cocok untuk menikmati pemandangan alam sekitar Taman Botani Sukorambi. Semilir angin sejuk ditambah hamparan hijau pepohonan yang terlihat dari ketinggian akan mengembalikan rasa segar setelah beraktivitas. Bagi pengunjung pecinta buku, bisa merelaksasikan badan sembari menambah asupan makanan otak melalui membaca. Pondok baca yang terdiri dari dua lantai—bawah dan atas—memiliki suasana tenang dan sunyi, sehingga pengunjung dapat fokus membaca buku diiringi nyanyian merdu serangga-serangga yang berderik dibalik rerumputan.

Sumber: tamanbotanisukorambi.com

Sumber: tamanbotanisukorambi.com

Dengan alasan-alasan untuk mengunjungi Taman Botani Sukorambi yang saya sebutkan di atas, masihkan menolak kata hati untuk segera mengunjungi? Paket komplit suasana pedesaan yang sejuk dan asri dipadukan wahana permainan yang seru dan lokasi-lokasi lain yang dapat menambah pengetahuan yang ditawarkan Taman Botani Sukorambi terlalu sayang untuk dilewatkan tanpa dikunjungi. Maka dari itu, siapkan kendaraan segera, tentukan tanggal dan ajaklah orang-orang terdekat untuk membuat Jember makin rame dengan mengunjungi Taman Botani Sukorambi. Come and feel the purity of this village-like tourist destination!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger

Referensi:

  • http://tamanbotanisukorambi.com/sarana-rekreasi/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *