Perlengkapan Bayi yang Selalu Dibeli Namun Jarang Dipakai, Pertimbangkan Lagi Ketika Akan Membelinya

Bagi calon orang tua tentunya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan perlengkapan bayi mereka. bayi yang baru lahir memang membutuhkan lebih banyak perlengkapan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, mulai dari pakaian, kemudian juga sarana tidur hingga yang tak kalah penting adalah mainan. Untuk lebih menghemat pengeluaran Anda maka bisa membeli satu persatu selama masa kehamilan, sehingga ketika sudah memasuki bulan persalinan nantinya tak banyak biaya yang harus Anda keluarkan lagi atau bingung dalam mencari berbagai jenis perlengkapan buah hati, tinggal fokus dalam persalinan.

Berbicara mengenai kebutuhan bayi memang tak bisa dipungkiri bahwa setiap saat selalu berubah-ubah, apalagi perkembangan bayi sendiri sangatlah cepat dari waktu ke waktu, bisa jadi dalam satu bulan saja Anda akan mengganti puluhan pakaian untuk si kecil, karena ukurannya yang sudah tak muat untuk dipakai. Sehingga beberapa orang ibu enggan membelikan yang baru, lebih memilih perlengkapan lama bekas kakak mereka untuk menghemat pengeluaran.

Sebenarnya ada banyak sekali daftar atau list perlengkapan bayi yang harus Anda beli di pasaran, namun sering kali beberapa diantaranya yang memiliki nilai manfaat atau jarang digunakan. Berikut ini ada beberapa jenis perlengkapan untuk buah hati yang sering kali dibeli, namun jarang dipakai, jadi Anda tak perlu mempersiapkannya dalam jumlah banyak, diantaranya adalah:

  1. Gurita untuk bayi, ia adalah pakaian yang memiliki banyak ikat di bagian dadanya, sehingga dinamakan sebagai gurota, fungsi utamanya adalah untuk mencegah buah hati dari kedinginan, namun ternyata meskipun dibeli, ia jarang sekali dipakai, apalagi beberapa tahun belakangan ini semakin banyak diantara dokter anak yang tak menganjurkan orang tua memakaikan gurita pada bayi mereka, salah satu alasannya adalah mempersulit si kecil untuk bernapas, apalagi ketika diikat terlalu kencang. Jadi sekarang Anda tak perlu lagi membeli hingga lusinan produk yang satu ini.
  2. Bedong, selain gurita maka ada jenis pakaian yang tidak terlalu dibutuhkan yaitu bedong, ia dipakai untuk membungkus buah hati agar tak kedinginan, apalagi dalam usia 0 hingga 2 minggu pertama, namun setelah itu banyak yang sudah tidak menggunakannya lagi, belakangan ini sudah banyak yang tak lagi menggunakannya untuk alasan ekonomis dan juga kesehatan buah hati.
  3. Sarung tangan, bayi usia 0 hingga 1 bulan umumnya ketika tidur akan di pakaikan sarung tangan, untuk mencegah kuku-kuku mereka nantinya mengenai bagian kulit yang lainnya, alasan yang lainnya adalah untuk menjaga agar tubuh mereka tetap hangat, namun satu hal yang juga harus diketahui bahwa bayi belum bisa menggaruk, kebiasaan mereka adalah mengepalkan tangan ketika tidur, sehingga tak mungkin kuku-kukunya melukai bagian tubuh yang lain. Sarana yang satu ini juga tidak terlalu sering digunakan, jadi ketika ingin membeli, batasi jumlahnya.
  4. Kaos kaki, digunakan untuk menghangatkan bayi ketika sedang tidur, namun masa pakai nya juga hanya terbatas untuk beberapa hari saja, pertimbangkan lagi saat Anda ingin membelinya.
  5. Popok kain, dalam perkembangannya banyak diantara orang tua yang lebih senang membeli diaper sekali pakai, karena tak perlu repot-repot lagi mencucinya, tinggal pakai dan buang, sehingga popok kain jarang digunakan.

Jadi perhatikan jumlahnya ketika Anda akan membeli perlengkapan bayi tersebut, jangan sampai terlalu banyak namun nantinya tak akan digunakan. Uang tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan membeli perlengkapan yang lainnya,

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *