MENGETAHUI BERBAGAI PENYEBAB BAU KAKI

Setiap orang pasti sangat ingin memiliki penampilan yang sempurna. Penampilan tersebut bisa dinilai dari fisik kita. Apabila tubuh kita beraroma tidak sedap, maka penampilan kita juga ikut dinilai buruk oleh orang lain. Bau badan terlebih lagi bau kaki memang bisa sangat mengganggu orang lain. Sehingga banyak orang yang ingin mengetahui penyebab bau kaki dan carai mengatasinya.

Penyebab bau kaki yang sangat mengganggu

Aroma tubuh kita secara tidak langsung menentukan penilaian orang lain terhadap kita juga. Apabila kita memiliki aroma tubuh yang harum, maka orang lain akan merasa nyaman berada dekat dengan kita. Apabila kita berbau tidak sedap, baik itu dari bau badan maupun bau kaki kita, orang akan mudah menjauhi kita.

Tentunya kita semua tidak ingin hal tersebut terjadi. Sebagai orang normal, kita akan berusaha semaksimal mungkin agar bau badan atau bau kaki kita tidak mengganggu orang lain. Berikut ini adalah berbagai penyebab bau kaki yang terjadi pada kebanyakan orang :

  1. Terjadi perubahan hormon pada tubuh

Perubahan hormon merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap manusia dna hal tersebut merupakan hal yang normal. Perubahan hormon yang ekstrim pada seseorang bisa menyebabkan produksi keringat orang tersebut menjadi berlebih. Kaki yang mengalami produksi keringat secara berlebih akan menjadi bau.

Perubahan hormon pada tubuh umumnya terjadi pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas, ibu hamil, dan wanita tua yang mengalami masa menopause. Perubahan hormon tersebut menyebabkan mereka rentan mengalami keringat berlebih.

  1. Penderita hiperhidrosis

Kondisi di mana seseorang memiliki produksi keringat berlebih dari tubuhnya disebut dengan hiperhidrosis. Ada kelainan tertentu dalam tubuh penderita hiperhidrosis yang menyebabkan mereka mudah mengalami produksi keringat berlebih.

  1. Kebersihan kaki yang tidak terjaga

Ketika kaki tidak dijaga kebersihannya sama sekali, hal tersebut menjadi penyebab bau kaki yang sering ditemui. Kaki merupakan organ tubuh yang sering ditutup menggunakan sepatu. Apabila kaki tidak dijaga kebersihannya, kaki bisa menjadi tempat berkembangnya jamur dan bakteri.

Kaki yang menjadi sarang bakteri akan mudah sekali menjadi bau dan mengeluarkan aroma yang sangat tidak sedap.

Cara menghilangkan bau kaki dan menjaga kebersihan kaki

Keringat memang sangat mudah diproduksi oleh bagian tubuh kita terutama pada suhu udara yang tinggi. Tingkat produktivitas keringat tiap orang berbeda, tergantung kondisi hormon orang tersebut. Ada banyak sekali penyebab bau kaki yang perlu anda ketahui. Namun di samping itu, anda juga harus mengetahui cara menghilangkan bau kaki dengan benar.

Berikut ini adalah cara menghilangkan bau kaki yang menempel :

  1. Selalu jaga kebersihan kaki

Kebersihan kaki sangat layak dilakukan. Anda bisa menjaga kebersihan kaki dengan rutihn mencuci kaki anda dengan sabun.

  1. Gunakan produk deodoran untuk menghilangkan bau badan dan bau kaki

Produk deodoran seperti Rexona memnag telah dikenal sebagai produk yang menjaga tubuh kita dari aroma yang tak sedap. Anda bisa juga menggunakan sabun yang mengandung deodoran untuk membantu menghilangkan bau kaki.

  1. Jangan menggunakan sepatu yang sama secara rutin

Penggunaan sepatu memang perlu dilakukan bergantian agar sepatu yang telah kita gunakan memiliki waktu untuk memulihkan pori-porinya. Apabila anda ingin terhindar dari bau kaki, anda bisa menggunakan sandal jepit atai selop agar pori-pori kulit kaki anda bisa bernafas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *