Kelebihan dan Kekurangan Vivo V9; Smartphone dengan Notch Terbaik 2018

Image result for vivo v9

Pada Maret lalu, Vivo telah merilis smartphone barunya yang bernama Vivo V9. Perangkat baru dari Vivo ini memiliki beberapa fitur baru yang ditonjolkan oleh Vivo, mulai dari tampilan layar penuh berponi dengan aspek rasio 19:9, kamera depan 24 MP sampai dengan adanya dual kamera di bagian belakangnya. Sebelum peluncurannya itu, rupanya banyakyang bertanya-tanya soal apa saja keunggulan dan kekurangan yang ada pada smartphone Vivo V9 yang diusung oleh Vivo ini. Untuk itu, bagi Anda yang masih penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Vivo V9, Anda bisa menyimak hal-hal berikut ini:

Keunggulan/ Kelebihan

  1. Layar Penuh Berponi atau Notch

Berbeda dengan versi sebelumnya, yakni Vivo V7 yang hanya menggunakan layar penuh saja, pada Vivo V9 ini memiliki tampilan layar penuh beraspek rasio 19:9 lengkap dengan notch atau poni yang serupa dengan Apple iPhone X dan OPPO F7. Namun, yang berbeda dengan Vivo V9 ini adalah pada bagian dagunya lebih tampak seperti Samsung Galaxy S8.

  1. Kamera Selfie 24 MP

Pada Vivo V9 inimemiliki resolusi kamera depan yang sama. Meskipun begitu, Vivo menyatakan bahwa kualitas kamera 24 MP yang ada dan dihasilkan oleh Vivo V9 ini lebih baik dan bagus. Bahkan bukan hanya itu, pada Vivo V9 ini memiliki dan menghasilkan efek tambahan, yaitu mampu menghasilkan efek bokeh atau background blur pada foto yang akan Anda potret secara instan yang biasa terdapat pada kamera DSLR.

  1. Dual Kamera Utama/ Belakang

Selain dari kemampuan kamera depannya yang baik dan bagus, Vivo V9 juga dibekali dengan dual kamera utama yang memiliki kualitas kamera yang bagus pula. Bahkan dengan dukungan dual kamera ini, akan memungkinkan penggunanya bisa mengambil foto dengan efek bokeh yang membuat hasil foto terlihat profesional seperti kamera DSLR.

  1. Kapasitas Baterai 3260 mAh

Pada Vivo V9 sendiri juga memiliki daya tahan baterai yang berkapasitas 3260 mAh sehingga akan lebih awet dan lebih tahan lama. Bisa dibilang daya tahan baterainya pun akan bertahan lama berkat hadirnya prosesor Snapdragon yang irit baterai.

  1. Face Access

Pada Vivo V9 ini menghadirkan fitur spesial yang membuat penggunanya mampu membuka kunci layar smartphone hanya dengan menggunakan wajah pengguna. Fitur ini disebut sebagai Face Access yang diklaim mampu memindai dan mendeteksi wajah penggunanya hanya dalam waktu 0.1 detik.

  1. Adanya Sensor Fingerprint

Karena posisi layar yang penuh pada bagian depan, maka pada Vivo V9 ini disematkan dengan fingerprint scanner di belakang. Meskipun begitu, penggunanya pun masih dapat dengan nyaman dalam mengakses sensor fingerprint.

Kekurangan/ Kelemahan

  1. Bodi belakang berbahan polikarbonat

Smartphone ini memiliki harga dari Rp. 3 juta – Rp. 4 juta. Sayangnya, Vivo V9 hanya menggunakan bodi belakang berbahan polikarbonat. Akan lebih baik jika Vivo bisa lebih berusaha untuk menyediakan bodi belakang berbahan logam agar daya tahannya lebih baik.

  1. Tidak Ada NFC

Teknologi NFC ini mulai digunakan untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari transfer data, cek saldo e-money sampai pengisian e-money. Namun fitur ini tidak terpasang pada Vivo V9. Dengan  dengan harga Rp. 3 juta – Rp. 4 juta seharusnya sudah mampu memasang teknologi NFC ini.

  1. Baterai Non-removable

Memang benar bahwa baterai non-removable sudah sering dipakai pada smartphone canggih sekarang, namun jika baterainya tidak bisa dilepas atau non-removable, maka akan menyebabkan masalah saat smartphone dalam keadaan hang. Meskipun nanti pengguna  bisa menekan tombol power selama lebih kurang 10 detik saat hang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *