Lain Lain

Harapan Fakhri Husaini Timnas U-19 Bermain di Liga 1

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini berharap klub-klub Liga 1 memainkan anak asuhnya. Meskipun begitu, ia tetap memberikan catatan khusus kepada klub-klub yang akan menggunakan jasa anak asuhnya. Baca berita bola Indonesia selengkapnya di bolanusantara.

Sejauh ini, ada dua pemain Timnas Indonesia U-19 yang bermain di Liga 1 2019. Yakni Supriadi bersama Persebaya Surabaya dan Beckham Putra Nugraha di Persib Bandung. Selebihnya, mayoritas pemain berasal dari Elite Pro Academy (EPA).

“PSSI telah membuat Elite Pro Academy U-16, U-18, dan U-20. Sebagian besar mereka (pemain U-19) bermain di EPA U-18 dan U-20, bahkan beberapa bermain di senior,” ujar Fakhri Husaini.

Pelatih yang juga pegawai PT Pupuk Kaltim ini berpesan kepada klub-klub yang mengontrak pemain Timnas U-19 agar tak tergesa-gesa memainkan mereka. Pasalnya, anatomi pemain muda dan profesional berbeda.

“Tentu bagus ketika tim-tim Liga 1 kita menggunakan jasa para pemain, tapi saya berharap mereka (klub) berhati-hati menangani para pemain muda. Karena aspek anatomi mereka yang berbeda dengan pemain senior,” tambah Fakhri.

Salah satu contoh yang diberikan adalah ketika benturan antar pemain. Ketika berhadapan dengan pemain yang berusia lebih tua, para pemain muda akan kewalahan. Meski begitu, pelatih asal Aceh ini sepakat apabila pemain Timnas U-19 diberikan menit bermain di Liga 1.

“Misalnya saat benturan dengan pemain lebih kuat dan tua, mereka masih akan kewalahan. (Tetapi), saya sepakat apabila 23 pemain di U-19 diberikan menit bermain di Liga,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *