Baju Gamis yang Cocok untuk Moment Lebaran

Baju Gamis yang Cocok untuk Moment LebaranPara wanita umumnya akan menyambut lebaran dengan membeli beberapa buah baju baru yang akan digunakan untuk bersilaturahmi. Salah satu baju yang pastinya akan sering dijadikan pilihan adalah baju gamis karena sesuai dengan moment agama Islam. Baju dengan ciri khas bentuknya yang panjang dan longgar ini sudah dibekali dengan kerudung yang senada sehingga mempercantik tampilan para wanita dan tak lupa memberi kesan agamis. Namun tidak semua baju panjang ala gamis cocok untuk dikenakan pada saat lebaran, ada beberapa point yang sebaiknya Anda perhatikan agar tetap berbusana dengan layak dan menampilkan penampilan yang anggun dan sopan.

Dalam memilih busana di hari raya, kesan baru dan mewah memang sulit untuk dihilangkan dari tradisi masyarakat. Padahal sebenarnya moment hari raya adalah moment untuk berbagai dan berkumpul bersama tanpa ada kesan untuk menonjolkan kekayaan atau kelebihan pribadi. Di hari lebaran yang dirayakan adalah kemenangan umat Islam yang telah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan dengan cara menahan hawa nafsu sehingga akan tidak cocok jika dirayakan dengan memamerkan harta atau kelebihan pribadi tersebut.

Tips memilih baju gamis untuk moment lebaran:

Agar Anda tidak termasuk dalam orang yang sedemikian itu maka ada beberapa tips dalam memilih busana yang akan dikenakan di moment lebaran agar sesuai dengan temanya yaitu:

  • Memilih busana muslim yang menutup aurat seperti gamis.
  • Memilih gamis dengan warna yang natural, lembut dan memiliki warna dominan sehingga tidak terlalu ramai.
  • Memilih gamis yang tidak memiliki banyak aksesoris dengan kesan mewah.
  • Panjang gamis sebaiknya pas dengan mata kaki Anda sehingga tidak menyulitkan untuk berjalan menghampiri saudara.
  • Menggunakan bahan yang menyerap keringat dan memberi sirkulasi udara yang baik.

Selain pemilihan baju gamis, ada beberapa point lain yang perlu Anda ketahui dalam hal busana dan aksesoris saat berlebaran. Sebaiknya Anda meskipun sebagai wanita tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan di hari raya. Selain untuk menghindari tingkat kriminilitas yang meningkat semenjak bulan puasa, juga agar tidak terjadi kecemburuan sosial. Apalagi hal tersebut juga akan mengakibatkan ada unsur ingin dipuji yang jelas tidak baik dilakukan sebagai umat Islam. Gunakan pakaian yang sederhana namun sopan, tidak menampilkan kemewahan namun tetap rapi dan anggun.

Sedangkan bagi para pria, dapat menyesuaikan busana yang dikenakan dengan warna gamis istri atau keluarga. Saat ini bahkan sudah banyak baju muslim yang dibuat secara sarimbit untuk pasangan suami istri hingga anak-anak. Pastinya dengan busana gamis yang senada untuk seluruh keluarga akan menambah keharmonisan tersendiri bagi anggota keluarga tersebut. yang paling penting adalah menanamkan rasa kebersamaan dan semangat kemenangan dalam hari raya yang tidak memiliki unsur untuk merayakannya secara berlebihan.

Itulah beberapa tips dalam memilih baju gamis yang sebaiknya dilakukan untuk digunakan dalam menyambut hari raya lebaran. Busana yang Anda kenakan pun tak harus baru asalkan bersih dan layak digunakan untuk menyambut tamu-tamu yang akan berkunjung ke rumah maupun digunakan untuk bersilaturahmi ke rumah tetangga. Pemilihan bahan dan warna juga penting agar Anda tidak mudah kepanasan dan berkeringat karena akan melakukan perjalanan dalam bersilaturahmi di beberapa tempat. Moment lebaran sebaiknya dirayakan secara sederhana namun khusuk mengingat banyak orang lain yang mungkin merayakannya dengan keadaan yang lebih tidak leluasa dari kita baik dalam pilihan busana hingga makanan yang disantap di hari raya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *