5 Destinasi Wisata Terbaik bagi Kalian yang Belum Pernah Mengunjungi Jember

sumber: jemberkab.go.id

Liburan merupakan kegiatan menyenangkan yang disukai semua orang. Siapa sih yang nggak suka liburan? Melepas penat dari aktivitas sehari-hari dan hiruk pikuk kehidupan perkotaan menjadi salah satu tujuan utama kaum milenial memilih untuk meluangkan lebih banyak waktu demi pergi berlibur. Buat kita-kita dengan budget tidak terlalu banyak namun tetap ingin pergi berlibur, tidak ada salahnya untuk melirik destinasi wisata yang ada di Indonesia saja. Apalagi saat ini, sektor pariwisata Indonesia pun sedang menggeliat, dibuktikan dengan fasilitas destinasi wisata yang dipugar secara berkala, jalur transportasi yang semakin baik, serta pengelolaan lingkungan demi mempercantik destinasi wisata tersebut.

Nah, salah satu destinasi wisata di Indonesia khususnya provinsi Jawa Timur yang sayang untuk dilewatkan ialah destinasi wisata Jember. Sebuah kabupaten yang dijuluki dengan sebutan Kota Tembakau ini memang memiliki berbagai potensi baik itu destinasi wisata alam maupun buatan. Jadi, kalau kalian ada keinginan untuk pergi berlibur ke Jember namun bingung harus mengunjungi tempat apa saja, berikut list 5 destinasi wisata Jember terbaik yang bisa kalian kunjungi. Catat, ya!

  1. PANTAI PAPUMA JEMBER

Pantai ini merupakan destinasi wisata paling terkenal di Jember. Papuma sendiri merupakan singkatan dari pasir putih malikan. Ini karena pantai tersebut mempunyai pasir putih yang halus di sepanjang bibir pantainya. Ada banyak keindahan lain dari pantai ini selain pasirnya yang putih dan halus tersebut. Yang pertama ialah gugusan batu karang yang gagah menjulang di tengah lautan. Kalau kalian pernah lihat film Leonardo di Caprio yang berjudul Shutter Island dan menyukai latar pantai di film tersebut, sudah pasti kalian akan jatuh cinta dengan pantai papuma ini. Ya, pemandangan debur ombak yang pecah menghantam gugusan karang sangat eksotis, persis seperti dalam film Shutter Island! Yang kedua, pantai papuma ini terletak di daerah tebing, sehingga untuk menuju lokasinya harus melewati jalan yang cukup naik turun. Tapi, itulah yang membuat pantai ini sangat spesial, karena kalian bisa melihat hamparan laut bergradasi biru dengan gugusan batu karangnya berpadu dengan pasir putih dari ketinggian. Sangat cantik! Terlebih lagi jika datang waktu matahari terbenam.

Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kabupaten Jember, hanya sekitar 45 menit, tepatnya terletak di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan. Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu sekitar 12.500 Rupiah (harga dapat berubah) setiap orangnya. Selain itu, ada banyak warung makan yang menjual hasil nelayan di sepanjang pantai, sehingga bisa sekalian wisata kuliner saat mengunjungi pantai papuma ini.

PANTAI PAPUMA JEMBERSumber: sahabatmancing.com

  1. TAMAN BOTANI SUKORAMBI

Untuk pecinta suasana sejuk daerah perkebunan, Taman Botani Sukorambi sangat wajib dikunjungi. Berlokasi sekitar 11 km dari alun-alun kabupaten Jember, kalian bisa masuk hanya dengan harga tiket 12.000 Rupiah pada weekdays dan 20.000 Rupiah pada weekend. Harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan apa yang ditawarkan Taman Botani Sukorambi untuk kalian. Yang pertama, Taman Botani Sukorambi memiliki lebih dari 500 spesies flora dan fauna berbagai jenis, sehingga kalian bisa melihat dan bahkan berinteraksi dengan makhluk-makhluk hidup tersebut. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa lho belajar cara merawat dan mengetahui karakter-karakternya. Tidak cukup itu saja, Taman Botani Sukorambi juga menawarkan aneka wahana permainan, dari wahana permainan air sampai outbond tersedia lengkap disini. Ingin merasakan sensasi berkuda? Tenang! Kalian cukup membayar 10.000 Rupiah dan kalian bisa berkeliling lokasi Taman Botani Sukorambi menaiki kuda dengan didampingi seorang pengawas. Nah, kalau ingin bersantai-santai ria, bisa menaiki rumah pohon yang didesain untuk kalian pecinta ketinggian. Rumah pohon ini setinggi 5 meter dengan lebar 2 x 2 meter, cukup untuk 6 orang menikmati hamparan pepohonan hijau yang membentang. Atau kalian bisa mengunjungi pondok baca, yang terdiri atas dua lantai dan memiliki suasana asri dan tenang sehingga kalian bisa membaca dengan fokus.

Image result for taman botani jember

Sumber: www.tripjalanjalan.com

  1. PUNCAK REMBANGAN

Cuaca panas daerah perkotaan terkadang membuat kita merindukan hawa sejuk pegunungan. Puncak rembangan ini bisa menjawab kerinduan kita akan hal tersebut. Kalian bisa mengunjungi puncak rembangan yang memiliki ketinggian 650 mdpl dengan menempuh perjalanan ke arah utara Jember sekitar 15 km. disana, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan kota Jember yang membetang. Kalau berkunjung pada malam hari, tentu saja kelap-kelip lampu akan terlihat seperti lautan bintang, dengan pemandangan bintang sungguhan di langit. Kawasan puncak rembangan memiliki beberapa resort maupun vila, sehingga cocok bagi kalian yang ingin bermalam menikmati sejuknya puncak rembangan. Selain itu, kawasan ini dilengkapi dengan taman dan kolam renang.  Yang menjadi daya tarik lainnya ialah kebun bunga dan buah yang sangat segar, dan boleh dipetik lho!

PUNCAK REMBANGANSumber: travelingyuk.com

  1. AIR TERJUN TANCAK

Air terjun ini terletak sekitar 16 km kea rah barat daya pusat kabupaten Jember. Dengan ketinggian 82 m dan debit air 150 m2/detik, bisa dibayangkan sendiri betapa deras air terjun ini menghepas sungai dibawahnya. Yang membuat spesial air terjun tancak ini ialah awan dan kabut yang terkadang menutupi bagian atasnya, sehingga tidak heran jika banyak yang menyebut bahwa air terjun ini merupakan air terjun dari langit. Dengan warna hijau dari pepohonan disekitarnya yang kontras dengan jernihnya air yang mengalir, kalian bisa melihat pelangi yang kadang terbentuk jika matahari sedang bersinar terik sehingga pembiasan titik-titik air terjadi. Kepingan surga yang berada di Jember ini sangat wajib dikunjungi!

AIR TERJUN TANCAK

Sumber: tempatwisatajember.blogspot.com

  1. MUSEUM TEMBAKAU

Ingin liburan di Jember namun juga ingin menambah wawasan? Destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi tentu saja museum tembakau, karena Jember memang sangat terkenal dengan tembakaunya yang bahkan diekspor ke luar negeri. Letaknya sangat dekat dengan kampus Universitas Jember, yaitu terletak di jalan Kalimantan nomor 1. Museum ini menyimpan berbagai benda bersejarah peninggalan para petani tembakau, pemilik gudang sortasi dan para eksportiren. Kebanyakan benda usianya lebih dari 100 tahun, lho. Bahkan terpajang lengkap miniatur gudang atap, alat penggiling, dan tembakau yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Untuk informasi setiap benda yang ada telah dibukukan, bahkan disediakan presentasi audio visual sehingga kalian bisa lebih memahami informasi setiap benda tersebut. Museum tembakau ini dapat dikunjungi setiap hari kerja yaitu Senin sampai Jumat mulai pukul 9 – 11 siang, gratis tanpa dipungut biaya. Seru dan edukatif, bukan?

MUSEUM TEMBAKAU

Sumber: backpackerjakarta.com

Bagaimana? Sudah membuat planning untuk berlibur ke Jember liburan mendatang? 5 destinasi wisata di atas dijamin tidak akan membuat kalian menyesal telah mengunjungi dan berlibur di Jember, malah mungkin kalian akan merasa ingin kembali lagi dan membuat Jember makin rame dengan mengajak kerabat dekat kalian yang wajib merasakan juga betapa worth every penny liburan ke Jember itu. Tunggu apa lagi? Segera siapkan amunisi liburannya, ya!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *